RUMAH MINIMALIS MUNGIL EFISIEN

Rumah tipe 90 bisa jadi rumah minimalis yang mungil dan efisien untuk keluarga dengan 2 anak. Walaupun setiap ruangan luasnya kecil, namun apabila bisa menatanya dengan baik, maka ukuran tidak jadi masalah. Kebutuhan akan ruang-ruang utama sudah bisa terpenuhi seperti 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang keluarga, dapur, dan ruang makan. Kecuali Anda menginginkan ruang tambahan di luar itu, Anda perlu memperluasnya lagi.
Untuk dapat mencapai jumlah ruang yang dibutuhkan memang ada yang harus dikorbankan. Ukuran setiap ruang seakan dipadatkan hingga batas minimal kenyamanan. Misalnya ruang tidur anak berukuran 3m x 3,15m dan ruang tidur utama 3m x 3,6m. Seperti tak jauh berbeda dengan kamar kos walaupun ada juga kamar kos berukuran 2,5m x 3m dan masih bisa terasa nyaman. Semua tergantung dari jumlah barang yang ditampung dalam kamar, dan yang lebiih penting adalah pada penataannya.
Dalam penataan rumah minimalis yang mungil, ruang tamu terkadang dianggap bukan kebutuhan yang essensial sehingga bisa dihilangkan diganti dengan ruang keluarga yang juga bisa difungsikan sekaligus sebagai ruang tamu. Ruang keluarga berukuran 3m x 3m bisa digunakan untuk menerima tamu. Jika ingin menjamu tamu untuk makan, ruang makan untuk 4 orang ada persis di sebelah ruang keluarga tanpa sekat.
Dapur yang ada di balik ruang keluarga diberi sedikit sekat untuk menutupi area berkompor. Dengan demikian meskipun bersebelahan dan aksesnya mengalir, aktivitas di masing-masing ruangan tidak saling mengganggu.